Kirab Api PON ke-21 Tiba di Kabupaten Labuhanbatu

TNews, Labuhanbatu- Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 tiba di Kabupaten Labuhanbatu di terima langsung oleh Plt. Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM, di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Jumat 06/09/2024.

Sebelumnya iring-iringan kirap api PON melintas di Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan singgah di Masjid Agung Rantauprapat memulai pawai menuju lapangan Ika Bina Rantauprapat.

 

Hj. Ellya Rosa Siregar mengatakan, Pekan Olahraga Nasional adalah ajang olahraga terbesar di Indonesia yang dilaksanakan setiap 4 tahun sekali. PON pertama kali dilaksanakan di stadion Sriwedari Surakarta/Solo pada 9 September 1948.

“Saya sebagai warga Labuhanbatu merasa bangga acara 4 tahunan ini diselenggarakan di Provinsi Sumatera Utara untuk yang kedua kalinya setelah 69 tahun yang lalu” ucap plt. Bupati Labuhanbatu.

Menurutnya, Pekan Olahraga Nasional tahun 2024 adalah penyelenggaraan ke-21 yang merupakan ajang multi olahraga nasional utama yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 9 hingga 20 September 2024, yang merupakan kali pertama diselenggarakan di dua provinsi Aceh dan Sumatera Utara dengan motto bersatu kita juara dengan logo resmi yang merupakan penggabungan dari elemen Rencong, ulos Batak dan songket Melayu yang mencerminkan simbol kemegahan Aceh dan Sumatera Utara dan 5 api maupun yang menggambarkan 5 sukses pon yaitu.
Sukses penyelenggaraan, prestasi, pemberdayaan ekonomi rakyat, administrasi, dan pemanfaatan fasilitas pasca event.

PON ke-XXI Aceh Sumut 2024 akan digelar 46 cabang olahraga yang diikuti 39 Kontingen yang terdiri dari 38 provinsi dan ibukota nusantara. Ucap Hj Ellya Rosa.

Kita sebagai masyarakat Labuhanbatu masa bangga dan bersyukur karena Kirab api Pon XXI Tahun 2024 Aceh Sumut melintasi Kabupaten Labuhanbatu yang kita cintai. “Kirab Api PON bukan sekedar seremonial namun memiliki makna yang sangat mendalam api ini melambangkan semangat sportivitas”.

Sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk mensukseskan pertandingan maupun yang perlombaan di semua cabang olahraga dipertandingkan dan tetap menjaga ketertiban dan keamanan dari upacara pembukaan di provinsi Aceh dan upacara Penutupan di Provinsi Sumut.

Plt. Bupati mengatakan ada setidaknya ada 11 atlet Labuhanbatu yang ikut di PON ini diantaranya atlit Tinju, Tarung Drajat, Karate dan Voli.

“Harapannya, semoga atlet Labuhanbatu bisa mendapatkan emas dan membanggakan nama Kabupaten Labuhanbatu dan Sumatera Utara”. pungkasnya.

Turut mendampingi Plt Bupati Labuhanbatu menerima kirap api PON ke 21 yaitu unsur Forkopimda Labuhanbatu, KONI, Kepala OPD, Kabag, Kaban dan Kemenag Labuhanbatu, selanjutnya kirap menuju Kabupaten Labuhanbatu Utara.(Ok)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *